Selasa, 04 Desember 2012


SUPERMAN IS DEAD, MUSISI YANG JUGA PEMUNGUT SAMPAH

Siapa yang tidak kenal dengan SUPERMAN IS DEAD (SID)? Band punk rock asal pulau dewata ini sudah malang melintang di dunia permusikan Indonesia selama lebih dari 17 tahun. SID mengusung lirik-lirik yang penuh dengan suara tentang carut marut  kehidupan sistem sosial. “Sejarah Punk memang lahir untuk bersuara tentang ketidak pedulian masyarakat dari hal – hal kecil yang berdampak besar. Tentang pluralitas dan keberagaman, tentang solidaritas bahkan tentang keberlanjutan sistem sosial dalam penataan lingkungan hidupnya adalah satu nilai yang terkandung dalam aliran ini. Karena itu,  dengan lirik lagu yang disuarakan ditambah action secara langsung adalah arti penting untuk membuat counter culture dari kerusakan lingkungan yang sedang terjadi saat ini. Punk jangan di identikkan dengan tawuran, budaya pukul – memukul dan saling menyakiti karena banyak hal positif ada di dalam nilai – nilainya”, begitu ungkap JRX yang mempunyai nama asli I Gede Ari Astina sang penabuh drum SID. Statement JRX diatas benar benar membuktikan bahwa SID sangat peduli terhadap kelanjutan lingkungan hidup. Tidak hanya karya lagu tapi mereka juga melakukan perbuatan nyata.


Salah satu yang paling pertama dilakukan SID adalah mempopulerkan kebiasaan bersepeda. Hal ini dilakukan SID sejak awal 2006. Mereka mempopulerkan bersepeda dengan stlye lowrider. Sebenarnya maksud mempopulerkan kegiatan bersepeda saat itu adalah sedang berbarengan dengan gencar-gencarnya kampanye  global warming. Saat itu dan sampai sekarang pemanasan global masih menjadi isu dunia dalam bidang lingkungan hidup.
“Kerusakan lingkungan hari ini sudah sangat amburadul. Banyak ikan mati, cuaca yang sudah tidak menentu, polusi yang semakin membuat semakin ngerinya udara, sampah plastik dan bahan sampah yang tak terurai hingga perang di muka bumi dikarenakan berebut minyak sudah semakin menggila”, ucap I Made Eka Arsana alias Eka sang pembetot Bass dan backing vocal SID. Pemanasan global yang disebabkan terlalu banyaknya Gas Rumah Kaca dari beberapa zat  dan gas dari aktifitas di bumi sehingga terlalu banyak panas yang ditangkapnya. Dan akibatnya bumi semakin panas. Tentu, efek ini diakibatkan oleh banyak perilaku manusia di bumi yang tidak tahu sama sekali atau bahkan tak peduli terhadap keberlanjutan lingkungan. Hal ini semakin membuat SID semakin yakin untuk berbuat sesuatu untuk bumi dengan cara dan tradisi punk rock tentunya.


SID memuat kegelisahan mereka mengenai rusaknya bumi dan tidak pedulinya manusia terhadap kerusakan bumi dalam karya karya mereka. Lagu Marah Bumi dan Menginjak Neraka menjelaskan bagaimana manusia lepas tangan terhadap lingkungan alam. Tidak hanya melalui lagu SID juga bertindak nyata untuk ikut serta dalam kampanye penyelamatan bumi. Mereka ingin agar semua orang sadar dan mulai cinta alam. Kampanye penyebaran cinta alam ini pertama tama diberikan kepada paraoutsiders dan lady rose (fans SID). Banyak hal positif yang dilakukan SID dan outsiders. Setiap satu bulan sekali SID dan outsiders melakukan kegiatan bersepeda bersama dan bersih-bersih pantai serta menanam pohon. Berawal dari outsiders inilah diharapkan virus ini menyebar keseluruh lapisan masyarakat.
Banyak hal-hal sederhana yang dilakukan SID untuk menghindari global warming. Memungut sampah di pantai atau bahkan di jalanan. Salah satu trik dari JRX yaitu “Kalau kalian merokok, dan nggak ada tempat sampah, puntung rokoknya simpan dulu di kantong, sampai kalian nemu tempat sampah,” kata Jerinx. Selain itu jika kita belanja janganlah memakai kantong plastik dan jangan pernah meminta kantong plastik. Bahkan di distro milik JRX yaitu xRMBLx tidak disediakan kantong plastik, diharapakan yang datang membawa kantong plastik sendiri. Saat kita telah selesai mencharge handphone segera dicabut chargernya supaya menghemat listrik.


Kegiatan SID sejak tahun 2006 ini benar-benar telah membuat teman-teman outsiders dan lady rosemulai sadar lingkungan. Dengan atau tanpa SID pun mereka banyak melakukan kegiatan-kegiatan sosial yang menyangkut tentang penekanan Efek Rumah Kaca. Hal ini membuktikan bahwa anak punk tidak selalu identik dengan kenakalan, mabuk-mabukan, tawuran, dan hal negatif lainnya, tapi anak punk juga mampu bertindak nyata menyelamatkan bumi seperti yang dilakukan SUPERMAN IS DEAD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar